Senin, 12 Desember 2011

Lima Keajaiban Asam Folat

ASAM folat merupakan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. Vitamin ini bekerja untuk memperlancar aktivitas metabolisme dan membantu fungsi nutrisi esensial lainnya. Tanpa asam folat, tubuh akan mudah terserang berbagai penyakit, mulai dari depresi, kecemasan, kelelahan, insomnia, kesulitan mengingat, lidah merah dan luka hingga gangguan pencernaan. Berikut beberapa manfaat lain dari asam folat.
  1. Asam folat dan penyakit jantung. Sejumlah studi ilmiah menyatakan kalau asupan asam folat rendah atau kadar asam folat yang rendah dalam darah bisa memicu perkembangan penyakit jantung koroner. Banyak studi yang menghubungkan rendahnya kadar asam folat dengan peningkatan kadar homocysteine. Homocysteine dinyatakan sebagai faktor risiko utama penyakit jantung yang bisa merusak lapisan dinding arteri. Berita bagusnya, hal ini bisa dicegah dengan mengontrol asupan asam folat. Perbanyak asupan asam folat Anda dengan cara mengonsumsi makanan seperti kacang polong, sayuran hijau, jeruk sitrus, roti dan sereal yang telah diperkaya dengan folat.
  2. Asam folat dan DNA. DNA merupakan unsur terpenting dalam proses pembuatan dan mempertahankan kehidupan manusia. Molekul ini mengatur segala sesuatu di tubuh Anda, mulai dari bentuk telinga hingga kemampuan intelektual, tingkah laku dan kepribadian. Selain itu, kemampuan tubuh melawan penyakit juga bergantung pada DNA. Dan asam folat berperan besar dalam proses genetik ini. Untuk membentuk genetik secara tepat, diperlukan asupan asam folat yang cukup.
  3. Cacat syaraf lahir (Neural Tube Birth Defects/NTDs). Setiap tahun, ribuan anak menjadi korban NTDs akibat ibu yang kekurangan asam folat, khususnya, pada tiga bulan pertama kehamilan. Angka ini menurun pada ibu yang mengonsumsi asam folat atau multivitamin yang mengandung asam folat sebelum mengalami pembuahan dan selama beberapa bulan pertama kehamilan. Karena itu, perempuan usia subur dianjurkan untuk mengonsumsi 400-800 mcg asam folat setiap hari disertai dengan konsumsi makanan yang kaya folat.
  4. Menguatkan sistem kekebalan tubuh. Asam folat bekerja dengan menambah produksi sel-sel darah putih, pertahanan utama tubuh. Kekurangan asam folat akan memicu pengerutan  kelenjar thymus dan bongkol getah bening sehingga mengurangi produksi  sel darah putih. Untuk menjaga sistem imun, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi 800 mcg folat setiap harinya disertai dengan konsumsi makanan yang kaya folat seperti salmon, whole grain, dan bit.
  5. Kesehatan mental. Asam folat merupakan kunci penyeimbang zat kimia otak dan pengatur keakuratan fungsi nutrisi neurotransmitter. Selain itu, asam folat juga mempunyai efek yang sangat kuat terhadap otak dengan cara meningkatkan kadar SAMe  (S-adenosylmethionine), yang berfungsi meningkatkan kadar serotonin yang menenangkan. Untuk mengatasi depresi klinis dianjurkan mengonsumsi 800 mcg sehari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar