Senin, 12 Desember 2011

Belajar Untuk Mengurangi Stres Selama Kehamilan

Banyak ibu selama kehamilan menghadapi situasi yang sangat stres. Kehamilan adalah sebuah perjalanan sembilan bulan bagi Anda dan bayi Anda. Kehamilan biasanya berlangsung selama 40 minggu (sekitar 9 bulan). Sebuah penelitian baru menyimpulkan, stres yang berhubungan dengan perubahan dalam detak jantung wanita hamil dan tekanan darah, bersama dengan kecemasan kronis, dapat mempengaruhi denyut jantung janin yang sedang berkembang.

Stres ibu selama kehamilan juga dapat menyebabkan asimetri dalam koordinasi telinga, jari, kaki, siku, dll. Stres ibu juga terkait dengan ketidaksempurnaan dalam perkembangan sistem saraf yang dapat menyebabkan masalah persepsi, berpikir, dan memori. Para ibu mengalami stres konstan, malu, kesepian dan, kadang-kadang, depresi klinis selama kehamilan atau setelah melahirkan.

Ada banyak efek samping negatif dari stres selama kehamilan. Stres dengan tingkat yang sangat tinggi dapat menyebabkan peningkatan risiko kelahiran prematur atau bayi berat lahir rendah. Penelitian lain menunjukkan bahwa tingkat stres yang terlalu tinggi dapat meningkatkan denyut jantung, tekanan darah dan menghasilkan kecemasan kronis.

Stres tidak akan menjadi buruk terutama jika Anda berhati-hati untuk mengelola stres yang Anda alami selama kehamilan Anda. Makan diet, sehat dan seimbang. Makan dengan baik akan memberikan Anda energi yang Anda butuhkan untuk dapat melalui hari, terutama ketika Anda merasa lelah atau bekerja terlalu keras.

Berjalan adalah kegiatan lain yang dapat Anda lakukan dalam rangka untuk tetap fit dan mengurangi stres. Sesak napas sangat umum di kalangan wanita hamil, jadi jika Anda merasa seperti Anda telah mendorong diri terlalu jauh, beristirahat kemudian bergerak dengan kecepatan lebih lambat.

Air sangat penting untuk menjaga tubuh Anda dehidrasi. Kurangnya air di dalam sistem juga bisa menyebabkan sakit kepala. Cobalah untuk tidak minum minuman dalam jumlah yang berlebihan sebelum tidur.

Tips Mengurangi Stres Selama Kehamilan

  1. Makan diet, sehat dan seimbang.
  2. Minum banyak air.
  3. Olahraga teratur merupakan cara yang baik untuk mengurangi kecemasan dalam hidup Anda.
  4. Bersantai dengan bermeditasi, mendengarkan musik atau menulis dalam sebuah jurnal.
  5. Melawan setiap dorongan untuk minum alkohol, merokok atau minum produk herbal atau obat-obatan.
  6. Tinggal jauh dari orang-orang stres dan situasi stres, jika memungkinkan.
  7. Cobalah beberapa teknik pengurangan stres alam termasuk biofeedback, yoga atau meditasi.
  8. Mengurangi beban kerja Anda. Anda bisa mendelegasikan tugas-tugas tertentu kepada orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar